Manfaat Apple Cider Vinegar bagi Kesehatan

Apple cider vinegar atau di Indonesia disebut dengan cuka apel adalah salah satu jenis bumbu masakan yang ternyata juga berkhasiat bagi kesehatan. Penggunaan apple cider vinegar dalam dunia kesehatan ternyata telah dilakukan selama lebih dari
seribut tahun yang lalu. Cuka apel terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan penggunaannya sebagai obat herbal yang cenderung aman.
Selain sebagai bumbu masakan dan bahan pengawet alami, cuka apel memiliki beberapa khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa khasiat tersebut dapat Anda simak pada ulasan berikut. Untuk menurunkan berat badan Menurut penelitian di Jepang pada tahun 2006, membuktikan bahwa konsumsi apple cider vinegar efektif untuk menurunkan nafsu makan. Oleh karena nafsu makan yang turun dan terkontrol, maka diikuti dengan penurunan berat badan. Setelah dilakukan studi lebih lanjut, disimpulkan bahwa konsumsi cuka apel dengan dosis yang tepat dan teratur dapat mengurangi resiko obesitas.

Mengatasi diabetes
Berbagai studi mengenai khasiat cuka apel menunjukkan hasil bahwa cuka apel memiliki cara kerja yang mirip dengan metformin atau acarbose yang kerap digunakan sebagai bahan kimia untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Cuka apel kemudian dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah pada diabates tipe 2.

Menghilangkan bau badan
Cuka apel ternyata dapat digunakan sebagai deodorant untuk menghilangkan bau badan. Untuk menghilangkan bau badan, maka Anda dapat melakukannya dengan cara menggunakan bola kapas yang dicelupkan ke dalam sari cuka apel. Kemudian bola kapas tersebut dioleskan ke ketiak setiap pagi.
Selain untuk menghilangkan bau badan, apple cider vinegar juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Untuk menghilangkan bau kaki dapat dilakukan dengan cara merendam kaki selama sekitar 15 menit ke dalam wadah air hangat yang telah diberi cuka apel sebanyak kurang lebih setengah cangkir. Lakukan ini minimal sekali seminggu, maka bau kaki Anda akan berangsur- angsur hilang.

Meredakan bau mulut tak sedap
Sejak lebih dari seribu tahun yang lalu, masyarakat menggunakan sari cuka apel untuk meredakan bau mulut mereka. Caranya dengan mencampurkan sekitar satu sendok makan cuka apel ke dalam secangkir air. Air yang telah berisi cuka apel itu kemudian digunakan untuk berkumur-kumur selama sekitar sepuluh detik

Mengatasi jerawat pada wajah
Cuka apel memiliki pH asam sehingga efektif untuk membunuh bakteri dan menyerap minyak berlebih pada kulit. Untuk mengatasi jerawat pada wajah, gunakan campuran cuka apel dan air bersih dengan perbandingan 3:4, atau tiga bagian cuka apel untuk 4 bagian air. Gunakan kapas wajah untuk mengusapkan campuran cuka tersebut ke wajah yang berjerawat. Biarkan selama sekitar sepuluh menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini dengan rutin selama tiga kali sehari agar kulit wajah Anda terbebas dari jerawat.

Menghilangkan bintik hitam pada wajah
Sari cuka apel dapat pula digunakan untuk menghilangkan bintik hitam pada wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan sari cuka apel atau apple cider vinegar dengan tirisan bawang yang telah ditumbuh halus. Buat larutan tersebut dengan jumlah cuka apel dan tirisan bawang dengan perbandingan komposisi yang sama. Oleskan larutan tersebut pada wajah dengan menggunakan kapas.
Selain itu, Anda juga dapat meminum campuran cuka apel dengan segelas air dan madu untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Mengatasi keputihan dan infeksi lainnya karena jamur
Cuka apel efektif dalam mengatasi infeksi jamur karena memiliki kandungan antiseptik. Untuk mengobati infeksi jamur, Anda dapat melakukannya dengan cara berendam air hangat yang telah diberi sari cuka apel.