Dampak Polusi Udara Beserta Resikonya yang Harus Anda Ketahui

Dampak Polusi Udara – Era yang sudah serba modern seperti sekarang ini memang menjadikan banyak sekali aktivitas yang sudah dibantu dengan mesin. Berbagai mesin memang sangat membantu kehidupan manusia, namun perlu diketahui juga jika mesin tersebut punya efek samping. Salah satu efek samping yang banyak dikeluarkan oleh mesin adalah adanya dampak polusi udara. Polusi yang ada di udara ini sudah menjadi salah satu PR tersendiri untuk kesehatan karena banyaknya dampak negatif yang ditimbulkannya.

Perlu diketahui jika polusi yang ada di udara sudah menjadi masalah kesehatan secara global. WHO selaku Badan kesehatan dunia pun menyatakan polusi yang ada di udara ini menjadi masalah terbesar yang ada di lingkungan saat ini. Untuk polusi yang ada di udara ini bisa terjadi ketika adanya udara yang dihirup lalu sudah bercampur dengan adanya zat beracun dimana bisa berasal dari debu, limbah pabrik, kendaraan hingga sumber polusi yang lainnya.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang dampak polusi udara, ada baiknya jika Anda juga tahu pemicu polusi dan juga dampak untuk kesehatan:

1.Karbon monoksida

Yang pertama adalah karbon monoksida dimana zat beracun yang satu ini tak memiliki warna dan aroma. Asap yang biasa mengandung zat ini umumnya berasal dari minyak tanah, batu bara hingga kayu bakar. Efek yang bisa timbul ketika menghirup karbon monoksida ini pun tidak main-main sesuai dengan seberapa besar sudah menghirupnya. Beberapa efek buruknya diantaranya adalah gangguan penglihatan, penurunan kesadaran sampai kematian.

2.Nitrogen dioksida

Selanjutnya ada juga Nitrogen dioksida yang umumnya muncul dalam pembakaran dari emisi pembangkit listrik, kapal hingga mesin yang ada di kendaraan. Nitrogen dioksida ini bisa mengiritasi mata, hidung, paru hingga tenggorokan. Jika manusia terus menerus terpapar Nitrogen dioksida ini, maka akan bisa tingkatkan gejala dari bronkitis, emifisena hingga bisa menjadikan penyakit jantung kian parah.

3.Partikel padat dan juga cair

Untuk komponen partikel yang ada di udara bisa terdiri dari nitrat, sulfat hingga logam, debu, tanah dan lainnya. Umumnya komponen ini ada di asap dari kendaraan, pembangkit listrik hingga kebakaran hutan. Jika terus menerus terkena paparan dari partikel tersebut, maka akibatnya pun fatal yakni resiko pernafasan hingga kematian.

4.Ozon

Ada juga ozon yang ada di bumi dimana berbeda dengan ozon yang ada di atmosfir. Meski lapisan ozon yang ada di atmosfir bisa menangkal sinar UV, namun beda dengan ozon yang ada di bumi dimana merupakan gas reaktif sehingga bisa memberi resiko iritasi di mata serta menyebabkan gangguan di pernafasan. Umumnya polusi ozon ini bisa sangat berbahaya untuk para penderita asma karena serangan asmanya.

Mungkin Anda hanya tahu jika polusi yang ada di udara hanya memberikan dampak pada kesehatan pernafasan dan tubuh saja. Namun ternyata polusi yang ada di udara juga bisa menyebabkan rusaknya kulit. Beberapa dampak yang bisa muncul pada kulit diantaranya adalah iritasi kulit, penuaan dini dan yang terparah adalah bisa mengakibatkan kanker kulit.

Dampak kerusakan pada kulit ini sendiri berbeda-beda sesuai dengan tingkat paparan serta berapa lamanya Anda terpapar dari dampak polusi udara tersebut. Dengan adanya semua resiko polusi tersebut, Anda tak hanya perlu waspada dengan kesehatan diri, namun juga kesehatan kulit. Pastikan untuk selalu aplikasikan lotion Vaseline sehingga bisa lindungi kulit Anda dari resiko polusi dan bisa memberikan kulit awet muda.