Diet Rendah Garam yang Baik untuk Tubuh

Diet Rendah Garam yang Baik untuk Tubuh

 

Apa Itu Diet Garam?

Diet garam pada dasarnya adalah mengatur asupan garam dalam pola makanan sehari-hari. Diet jenis ini bertujuan untuk mengendalikan tekanan darah atau mengurangi pembengkakan, akibat adanya timbunan air yang ada di sekitar jaringan atau organ tubuh. Jadi diet rendah garam sebenarnya ditujukan untuk membantu menghilangkan retensi air atau garam pada organ tubuh dan menurunkan darah pada penderita penyakit hipertensi. Anda mungkin pernah mendengar diet mayo. Diet ini juga salah satu jenis diet yang dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi garam.

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan diet makanan rendah garam, adalah:

  1. Perbanyak serat. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung serat yang dapat menurunkan tekanan darah adalah bawang putih, mentimun, seledri, kacang rebus beserta kulit ari nya. Untuk jenis sayuran yang berserat, seperti sayur bayam. Sayur bayam ini dimasak dengan tidak menggunakan garam dan jangan direbus terlalu lama.
  2. Perbanyak minum air putih, yaitu kurang lebih dua liter atau 8 gelas air mineral. Air mineral yang dikonsumsi sebaiknya air yang tidak dingin atau yang telah dimasukkan ke dalam kulkas.
  3. Perbanyak gerak, dengan begitu otot-otot dalam tubuh akan lebih elastis sehingga akan mengurangi tekanan darah.
  4. Selain menjaga dan mengontrol asupan makanan dalam tubuh, seseorang yang menjalani diet jenis ini juga harus mengatur pola makan yang benar seperti tentukan jam makan. Orang yang melakukan jenis diet ini tidak boleh mengkonsumsi makan malam di atas jam 18.00.

Mengkonsumsi garam secara berlebih akan menyebabkan tubuh kekurangan kalsium. Karena yodium akan menarik kalsium ke dalam urin. Pada dasarnya kalsium sangat berguna untuk mencegah tulang keropos, membantu pembentukan tulang, melancarkan peredaran darah membantu mencegah penyakit jantung dan lain sebagainya. Selain itu mengkonsumsi garam secara berlebih juga akan berpotensi menaikkan tekanan darah. Untuk itu sebaiknya kita melakukan diet rendah garam sebagai pencegahan timbulnya penyakit-penyakit yang tidak diinginkan. Selain memperhatikan jenis makanan, Anda para pelaku diet garam harus mengganti gula dengan Tropicana Slim, karena gula ini baik untuk kesehatan.