Beragam Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Singkong

Singkong adalah salah satu konsumsi yang sudah begitu populer untuk masyarakat kita sejak zaman dahulu. Singkong menjadi salah satu alternatif makanan pokok selain nasi. Ada sangat banyak manfaat singkong untuk kesehatan tubuh. Hal ini pastinya dikarenakan banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki oleh kelompok umbi-umbian yang satu ini. Singkong kaya akan karbohidrat, sehingga tidak heran kalau singkong dipilih sebagai salah satu makanan pokok untuk memberikan asupan energi untuk tubuh. Belum lagi juga terdapatnya kandungan vitamin C dan beta karoten yang bersifat sebagai antioksidan. Ditambah juga beberapa senyawa bioaktif yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, rasanya tentu kurang lengkap kalau kita tidak berkenalan dengan berbagai manfaat dari singkong. Mari ulas lebih dalam lagi mengenai beragam manfaat singkong untuk kesehatan dan berikut ini beberapa manfaatnya :

 

  1. Mencegah Berbagai Penyakit

Singkong kaya akan vitamin C serta beta-karoten yang bersifat sebagai antioksidan yang dapat membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit. Termasuk mencegah terjadinya penyakit serius seperti kardiovaskular, mencegah kanker, katarak, maupun juga mencegah asama. Kandungan tersebut juga bermanfaat untuk menghindari masalah kerutan di kulit.

 

  1. Sebagai Sumber Energi Untuk Tubuh

Seperti yang disampaikan tadi bahwa singkong kaya akan karbohidrat yang salah satu manfaat besarnya adalah memberikan asupan energi untuk tubuh. Singkong adalah salah satu tanaman terbaik yang bekerja mengubah energi matahari jadi karbohidrat latur. Satu kilogram singkong dalam bentuk tepung bisa memberikan hingga 3750 kkal. Karbohidrat yang tinggi di dalam singkong bermanfaat sebagai sumber bahan bakar utama untuk tubuh alias sumber energi.

 

  1. Mencegah Anemia

Manfaat untuk kesehatan tubuh berikutnya lagi dari singkong adalah mencegah terjadinya anemia. Hal ini dikarenakan singkong mengandung vitamin B kompleks, termasuk ribovlafin, yang mana riboflavin tersebut berguna untuk membantu proses produksi sel darah merah. Sehingga dapat mencegah dari terjadinya anemia.

 

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Singkong bisa disertakan dalam menu diet sehat karena kandungan serat di dalam singkong yang dapat membantu untuk menjaga berat badan dan membantu menyukseskan program diet. Apalagi juga singkong adalah konsumsi rendah lemak.