Mengatasi Asam Urat dengan Obat Alami

Mengatasi Asam Urat dengan Obat Alami

Mengatasi Asam Urat dengan Obat Alami

Apakah kamu mengenal penyakit asam urat ? Penyakit asam urat kiranya sudah tidak terlalu asing lagi untuk sebagian besar masyarakat kita. Penyakit yang satu ini adalah salah satu bentuk dari penyakit arthritis, yaitu kelompok penyakit peradangan sendi. Asam urat bisa menyerang seseorang dengan tiba-tiba yang kemudian membuat si penderitanya sontak merasakan sakit, nyeri sampai dengan mengalami pembengkakan pada sendiri dan kemerahan pada kulit. Penyakit ini bisa menyerang sendi di bagian mana saja. Namun yang memang lebih sering ada di pergelangan tangan, jari tangan, lutut serta ujung jari kaki. Lantas, apa obat untuk asam urat ? Ada beberapa obat alami yang dipercaya mampu untuk mengatasi penyakit asam urat. Beberapa obat alami tersebut antara lainnya berikut :

  1. Daun Seledri

Daun seledri adalah bahan alami pertama yang bisa dicoba untuk meredakan penyakit asam urat. Daun seledri adalah salah satu sumber vitamin C yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga untuk mengontrol tekanan darah. Untuk mengkonsumsinya bisa dengan cara dijus. Meskipun memang masih butuh penelitian lebih lanjut, namun sudah banyak yang telah merasakan manfaat daun seledri untuk mencegah dan mengatasi permasalah kesehatan pada sendi.

  1. Kopi

Obat alami kedua yang dipercaya dapat menangani masalah asam urat adalah kopi. Sebuah penelitian menemukan bahwa pria yang minum 4 hingga 5 cangkir kopi dalam sehari punya peluang 40 persen lebih rendah dalam terserang penyakit asam urat. Hal ini dikarenakan kafein yang cukup tinggi di dalam kopi bisa melindungi dari kadar asam urat yang tinggi. Pasalnya, kafein bersifat mirip dengan struktur kimia yang ada pada obat-obatan untuk asam urat. Nah, tapi hal yang penting untuk jadi pemahaman untuk anda adalah, bukan berarti anda kemudian minum kopi sebanyak-banyaknya agar asam urat yang anda alami sembuh. Jauh lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai berapa banyak seharusnya anda untuk dapat mengkonsumsi kafein. Karena terlalu banyak kafein dapat berakibat kurang baik juga untuk kesehatan.

  1. Buah Nanas dan Ceri

Kedua buah yang identik dengan rasa asam dan manis ini dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat. Buah nanas sendiri punya kandungan asam askorbat yang dapat memberikan efek untuk menurunkan kadar asam urat, meskipun efeknya tidak terlalu besar juga. Semantara asupan buah ceri selama dua hari ternyata bisa untuk menurunkan resiko terkena asam urat mencapai 35 persen. Khasiat dari buah nanas dan ceri dalam mengatasi sakit asam urat sendiri juga masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut.

Imbangi proses pengobatan asam urat dengan mengubah gaya hidup lebih sehat. Terlebih soal konsumsi makanan. Hindari betul makanan maupun minuman yang hanya beresiko menaikkan kadar asam urat.