7 Cara Mudah Menata Dapur Tipe Minimalis Agar Selalu Rapih

Sebagai tempat yang digunakan untuk menyajikan berbagai macam makanan setiap hari, dapur tentunya menjadi wilayah yang sangat penting bagi ibu rumah tangga. Tak hanya kebersihannya saja, kerapiannya juga harus selalu dijaga agar enak dilihat. Sehingga penting mengetahui bagaimana cara menata dapur minimalis yang tepat. Mengingat tempat yang satu ini kebanyakan memang tak disediakan ukuran yang besar, melainkan cukup hanya sepetak ruangan saja, namun diisi dengan berbagai macam peralatan memasak dan juga makan.

Menata dapur tipe minimalis ini harus dengan berbagai pertimbangan. Menjaga kebersihannya maka peralatan yang ada di dapur harus ada dalam keadaan yang kering, tak bau dan juga dalam keadaan yang bersih. beberapa alat-alat dan juga bumbu sebaiknya juga disusun sesuai dengan posisi mereka, supaya memudahkan Anda dalam mencarinya ketika akan digunakan. Jangan lupa juga untuk memberikan tanda-tanda jenis bumbu, agar anak atau anggota keluarga yang lainnya nanti tak akan salah dalam memakai saat datang ke dapur.

Untuk lebih jelasnya mengenai tips penataan dapur ukuran minimalis ini, maka berikut ada beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan, diantaranya adalah :

  1. Bumbu-bumbu yang siap pakai seperti diantaranya adalah garam, lada bubuk dan sejenisnya sebaiknya tak Anda taruh terlalu jauh, cukup di dekat kompor saja, hal ini nantinya akan memudahkan dalam penggunaan.
  2. Sama seperti bumbu yang siap pakai, maka peralatan masak utama, seperti diantaranya adalah wajan, panci dan juga alat-alat untuk menggoreng sebaiknya juga Anda taruh di dekat kompor. Tak perlu ribet nantinya jika ingin memasak, apalagi alat yang satu ini pastinya paling sering Anda gunakan untuk membuat hidangan.
  3. Untuk alat makan sendiri sebaiknya disimpan di tempat khusus, diantaranya adalah rak untuk piring dan juga sendok, jauhkan dari kompor karena membuatnya akan mudah kotor.
  4. Untuk perkakas yang digunakan dalam membuat kue, seperti diantaranya adalah loyang maka bisa disimpan tak jauh dari oven saja, karena penggunaan nantinya juga ketika Anda akan membuat kue.
  5. Untuk perkakas yang jarang digunakan, atau mungkin Anda memiliki lebih dari satu, biasanya dalam keadaan yang masih bersih dan baru, maka simpan di tempat yang tersembunyi, jauh dari jangkauan debu, dalam lemari misalnya.
  6. Untuk bahan-bahan dapur yang mudah rusak seperti sayur dan juga daging, maka simpan dalam lemari es atau kulkas saja.
  7. Sedangkan untuk bahan tahan lama seperti gula, kopi dan juga teh, bisa Anda taruh dalam almari dapur.

Bagaimana sangat mudah bukan, ingat untuk menjaga estetika nya, maka jika alat-alat yang kotor segera cuci menggunakan Sunlight. Itulah cara menata dapur minimalis yang tepat. Tak hanya rapi saja melainkan juga bersih.