Obat Alami yang Efektif Untuk Menurunkan Demam

Obat Alami

Obat Alami yang Efektif Untuk Menurunkan Demam

Obat Alami yang Efektif Untuk Menurunkan Demam

Demam adalah sebuah kondisi dimana suhu tubuh orang yang menderita naik dan menyababkan rasa panas pun dialami oleh tubuh. Demam bukan lagi gangguan penyakit yang awam untuk masyarakat sekitar kita. Bahkan sepertinya semua kalangan masyarakat telah mengenal sakit demam. Demam yang datang menyerang tubuh sering kali membuat kita pun merasa tidak bersemangat menjalani aktivitas, tubuh merasa lelah dan tidak bertenaga. Tentu ini sangat menggangu bukan ? Demam sebetulnya dapat ditangani dengan beberapa obat alami yang bisa kita jumpai dengan mudah di sekitar kita. Berikut ini obat tradisional alami yang bisa untuk menurunkan demam :

Kunyit

Kunyit bukan hanya bermanfaat untuk menjadi salah satu rempah-rempah terbaik pada makanan, namun juga bermanfaat untuk meredakan demam. Kunyit punya kandungan minyak atsiri, turmeron, curcumin serta juga zingiberen yang dapat bertindak menjadi antibakteri maupun antioksidan. Kunyit pun bisa untuk meningkatkan sistem imun. Pada umumnya, bagian kunyit yang bermanfaat sebagai penurun demam adalah rimpang yang bewarna oranye. Anda bisa membuat ramuan dari kunyit sebagai obat alami penurun demam dengan cara cuci 10 gram kunyit, kemudian parut dan tambahkan dengan 1/2 gelas air panas. Aduk merta dan tunggu hingga cukup hangat. Peras dan ambil sarinya, tambahkan dengan air perasan jeruk nipis 1/2 bagian dan juga 2 sendok makan madu. Bagi menjadi 3 untuk diminum pada 3 kali waktu dalam sehari.

Sambiloto

Tumbuhan yang satu ini telah dikenal dengan manfaatnya yang begitu banyak sebagai obat alami berbagai penyakit, dan salah satunya adalah untuk menurunkan demam. Sambiloto punya kandungan andrografoid lactones atau zat pahit, kemudian flavanoid, juga glucosides yang mampu untuk menurunkan demam. Anda dapat mengaplikasikannya dengan cara rebus 100 gram daun sambiloto kering bersama dengan 25 gram umbi kunyit kering dalam air sebanyak 250 gram. Rebus sampai air tersisa sekitar 100 ml. Saring, tunggu sesaat hingga cukup hangat, tambahkan dengan 100 ml madu atau dapat diganti dengan mahoni. Aduk merata, bagi jadi 3 bagian dan minum pada 3 waktu dalam sehari.

Lempuyang Emprit

Lempuyang emprit punya kandungan senyawa minyak atsiri yang bermanfaat untuk menurunkan demam. Yang biasanya efektif untuk digunakan adalah bagain rimpang dari tanaman ini yang bewarna putih kekuningan dan rasanya pahit. Anda bisa menggunakanya dengan cara mencuci 10 gram lempuyang emprit sampai bersih, dan parut. Tambahkan dengan 1/2 gelas air panas, aduk merata. Diamkan hingga cukup dingin, peras dan ambil sarinya. Campurkan dengan 2 sendok makan madu, aduk merata dan konsumsi 3 kali sehari.