Teh Dan Beragam Kandungannya

Teh merupakan minuman yang mengandung kafein, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman camellia sinensis dengan seduhan air panas. teh yang berasal dari tanaman teh ini dibagi menjadi empat kelompok di antaranya teh hitam, teh oolong, teh hijau dan teh putih. Dalam setiap jenis teh memiliki kandungan kafein yang berbeda-beda seperti pada teh putih yang memiliki kandungan kafein paling sedikit, sedangkan teh hijau dan teh hitam memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi.

Kandungan tersebut sangat dipengaruhi oleh campuran, ukuran daun dan waktu penyeduhan teh itu sendiri, meskipun memiliki kandungan kafein, kandungan lain pada teh sariwangi juga dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Salah satu khasiat teh sariwangi adalah untuk kesehatan, yaitu dapat menurunkan resiko terkena tekanan darah tinggi, penumpukan kolesterol dan juga berkhasiat sebagai antioksidan. Beberapa kandungan di dalam teh dapat anda ketahui melalui pemaparan berikut ini.

● Kandungan antioksidan dapat memberikan manfaat untuk mencegah bahaya radikal bebas dari lingkungan, sehingga tubuh dapat mengeliminasi bahaya atau efek buruk yang berasal dari lingkungan yang kotor dan kurang sehat.

● Asam amino merupakan kandungan berikutnya yang sangat bermanfaat dalam memperkuat dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta sistem imun di dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dan kondisi tubuh pun tetap stabil.

● Quercetin pada teh dapat mencegah pengapuran pembuluh darah, sehingga aliran darah dari dan ke jantung akan tetap kuat.

● Cafein selain dapat menekan rasa ngantuk yang sering melanda kita terutama di malam hari, juga dapat meningkatkan kinerja kerja otak menjadi lebih meningkat sekitar 10 %.

Dua kandungan lainnya yaitu kaempol dan flouride juga dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh, yang paling terpenting dan utama adalah bagaimana proses dan cara kita melakukan seduhan saat membuat teh menjadi minuman yang menghangatkan tubuh atau menyegarkan tubuh.