Cara Melakukan Inisiasi Menyusui Dini

 Inisiasi Menyusui Dini

Cara Melakukan Inisiasi Menyusui Dini

Prosedur inisiasi menyusui dini atau disebut juga IMD merupakan prosedur yang penting dilakukan setelah bayi lahir. Manfaat dari prosedur ini sangat banyak terutama dari segi kesehatan bayi serta psikologis bayi maupun ibu. Cara melakukan IMD sendiri tidak semudah kelihatannya terutama karena belum banyaknya rumah sakit dan bidan yang pro IMD. Berikut adalah tata cara pelaksanaan IMD.

  1. IMD umumnya akan dilakukan pada satu jam pertama setelah kelahiran bayi. Bayi kemudian dikeringkan seperlunya namun tidak menghilangkan vernix atau bagian kulit putih agar bayi senantiasa nyaman. Jangan pula keringkan tangan bayi.
  2. Tengkurapkan bayi di perut atas atau bagian dada ibu. Kulit ibu dan bayi harus bersentuhan. Gunakan selimut apabila diperlukan.
  3. Pada 30 menit pertama umumnya bayi akan siaga karena ia masih menyesuaikan diri dengan keadaan sekitarnya pasca kelahiran. Kemudian pada 30-60 menit berikutnya bayi akan mulai menggerakkan mulut dan menjilati tangan. Rasa serta bau cairan pada tangan akan membimbing bayi untuk menemukan puting susu ibu.
  4. Bayi akan mulai mencari sendiri ASI tanpa bantuan atau pengarahan. Naluri bayi tergolong kuat untuk menemukan puting susu ibu.
  5. Setelah bayi menemukan puting susu ibu, biarkan agar kulit bayi tetap berkontak dengan kulit ibu hingga proses menyusu selesai. Setelah proses inisiasi menyusui dini ini selesai di mana bayi melepaskan hisapannya, barulah bayi dapat dipisahkan dari ibu agar dapat ditimbang, diukur dan dicap.
  6. Ibu serta bayi sebaiknya tetap berada dalam ruangan yang sama setelah proses IMD selesai. Dengan begini ibu dapat memberikan ASI pada bayi kapan saja dibutuhkan. Hal ini juga dapat meningkatkan hubungan batin yang terjalin antara ibu dan bayi.

Di samping prosedur inisiasi menyusui dini, perawatan untuk bayi baru lahir juga dapat menggunakan aneka produk khusus perawatan untuk bayi baru lahir. Perawatan ini terutama untuk menjaga kulit dan rambut bayi agar senantiasa bersih serta sehat. Zwitsal bisa dipilih sebagai produk perawatan bayi karena kualitasnya yang terjamin. Selain itu produk Zwitsal juga terbuat dari bahan-bahan pilihan sehingga aman untuk kulit bayi.

Baca juga: Kenali Cara Mengatasi Kolesterol Jahat Pada Tubuh Secara Alami