Memakai Susu Formula Bila ASI Tidak Keluar

Tidak semua ibu berhasil menyusui bayinya. Beberapa ibu harus bersusah payah untuk memberikan ASI kepada buah hati. Faktor hormonal dan fisi dari puting susu sangat menentukan. Masalah klasik seperti puting tenggelam, ASI tidak bisa keluar, bayi malas menyusu, dan bayi terus menangis menjadi alasan ibu beralih ke susu formula. Apakah hal ini bisa dibenarkan? Sebelumnya, anda harus berusaha dulu dengan teknik berikut ini.

Perawatan Payudara

Merawat payudara ketika masih hamil sangat penting untuk dilakukan. Kadang payudara kita terlalu kotor sehingga ASI tersumbat. Akibatnya payudar amenjadi besar, merah, dan sakit. Nah, bersihkan puting payudara secara berkala agar kejadian ini terhindari.

Terus Susukan Bayi

Kalau bayi tidak mau menyusu, terus coba untuk memberikan ASI sebelum beralih ke susu buatan pengganti ASI.  Ketika bayi menghisap puting susu, maka hormon oksitosin akan keluar demi mendorong pengeluaran ASI. Jadi, semakin sering bayi menghisap maka semakin banyak ASI yang keluar. Masalahnya adalah ibu kerap tidak sabar dengan proses menyusui tersebut.

Teknik Menyusui yang Benar

Asi tidak akan keluar kalau teknik menyusuinya salah. Misalnya hanya memasukkan daerah putingnya saja sehingga mulut bayi tidak penuh. Cara yang benar adalah memasukkan puting sekaligus areola (bagian payudara yang hitam) ke dalam mulut bayi. Teknik ini juga mencegah masuknya udara ke dalam perut bayi.

Bila ibu menemukan masalah puting tenggelam, maka bisa disedot dengan menggunakan spuit terbalik. Minta perawat atau bidan yang mengasuh untuk membantu mengeluarkan puting susu anda. Jadi jangan langsung memakai susu formula.

Kapan Boleh Memakai Susu Buatan?

Kalau semua teknik sudah dilakukan dan gagal, kemudian bayi terus menangis, maka ibu boleh memberikan susu formula. Apalagi bila kulit bayi sudah tampak kekuningan dan air seninya menurun. Tetapi ibu juga harus terus berusaha untuk bisa mengeluarkan ASI.

Susu buatan pengganti ASI bisa anda peroleh secara online di sukamart. toko online ini menjamin kualitas susu formula yang anda beli. Jadi, daripada repot ke toko lebih baik pesan secara online saja.