Penyakit Yang Berkaitan Dengan Gula Darah

Pengaturan kadar gula dalam darah erat kaitannya dengan keterlibatan beberapa organ didalamnya, seperti hati dan pankreas. Glukanon, hormon yang menargetkan sel – sel di hati. Kemudian sel – sel ini mengubah glikogen (gula otot) menjadi glukosa, proses ini disebut sebagai glikogenolisis. Glukosa tersebut dilepaskan ke dalam aliran darah sehingga kadar gula darah akan naik. Apabila level gula darah meningkat karena perubahan glikogen maupun pencernaan makanan sel- sel dalam pankreas akan melepaskan hormon insulin, yang menyebabkan hati mengubah lebih banyak glukosa pada darah menjadi bentuk glikogen (gula otot), proses ini disebut glikogenosis yang akhirnya akan menurunkan kadar gula yang dikandung oleh darah.

Kadar gula dalam darah normalnya selalu menunjukan angka 4-8 mmol/l (70-150 mg/dl). Kadar gula dapat mencapai level tertinggi pada saat habis makan, dan kadar gula darah berada pada level terendah pada pagi hari sebelum makan. Apabila gula darah dalam keadaan rendaha akan menyebabkan tubuh gemetar, denyut jantung lebih cepat, pusing, gugup, keringat, pingsan, bahkan kejang. Dapat disebabkan kurangnya asupan makan yang bergizi maupun pengabaian pada waktu makan, kurangnya asupan gizi pada makanan mengurangi kadar gula darah dalam tubuh yang peran utamanya sebagai penyedia energi tubuh dalam menjalani aktivitas sehari – hari. Bila tubuh kekurangan energi maka segala aktivitas tubuh akan terhambat.

Keadaan dimana tubuh seseorang yang tidak lagi mampu memproduksi hormon insulin, yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah, sehingga kadar darah dalam tubuh menjadi tinggi dan tak terkendali. Diabetes dibagi menjadi dua tipe, pada diabetes tipe 1 tubuh tidak mampu memproduksi insulin sehingga hanya mengandalkan suntikan insulin yang diberikan. Diabetes tipe 2 adalah kondisi dimana tubuh tidak mampu memproduksi insulin dengan kadar mencukupi atau karena insulin tidak dapat digunakan dengan baik. Ditandai dengan berat badan menurun badan lemah dan lainnya.  Penderita disarankan melakukan kegiatan olahraga dan menjaga konsumsi makanan bergula tinggi,  dapat dengan mengkonsumsi tropicana pemanis bebas gula.