Ciri-ciri Tanda awal gejala hipertensi yang dialami penderita

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu penyakit yang cukup serius karena dapat memicu timbulnya penyakit serius yang lebih parah lainnya apabila diabaikan. Banyak orang yang mengabaikan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang terjadi pada dirinya. Namun hal tersebut sangat tidak dianjurkan, meskipun gejala hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak terlihat dan nyata dirasakan oleh penderitanya. Oleh sebab itu setiap orang wajib adanya untuk selalu rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah.

Pengertian hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi tubuh dimana cairan di dalam tubuh menekan dinding arteri dengan sangat. Hal tersebut dapat mengakibat penyakit jantung hingga stroke. Banyak orang yang tidak menyadari jika tekanan darahnya meningkat. Sehingga tidak segera mendapatkan pengobatan secara intensif dan sudah memasuki fase membahayakan bagi penderita. Beberapa gejala hipertensi yang perlu diwaspadai antara lain :

Mengalami mimisan

Ditahap awal seseorang menderita hiperensi akan mengalami mimisan. Jika anda memiliki data keluarga menderita hhipertensi dan anda mengalami mimisan yang cukup sulit untuk dihentikan segera lakukan pemeriksaan ke dokter dan melakukan konsultasi hingga pengobatan.

Terdapat titik darah pada mata

Titik darah pada mata merupakan pembekuan darah yang terjadi akibat dari hipertensi yang anda derita. Segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan akan tekanan darah anda.

Kesemutan

Kesemutan dapat menjadi tanda awal gejala dari hipertensi. Dan apabila hipertensi tidak dapat dikontrok dapat mengakibatkan kerusakan saraf didalam tubuh.

Merasa pusing

Rasa pusing yang dirasakan juga menjadi kemungkinan seseorang mengalami hipertensi. Apabila rasa pusing muncul secara tiba – tiba jangan diabaikan. Karena apabila rasa pusing yang dibarengi dengan sulit untuk berjalan maka dapat memicu terjadinya stroke.

Demkian gejala hipertensi yang perlu diwaspadai. Anda dapat mencegah hipertensi ini dengan melakukan gaya hidup sehat, misalnya dengan mengkonsumsi rendah garam dan rendah gula. Disarankan anda untuk mengkonsumsi gula rendah kalori tropicana agar terhindar dari hipertensi. Selain itu anda harus menjaga kebugaran tubuh dengan rutin melakukan olahraga minimal satu minggu sekali.