Penyebab Diabetes dan Cara Mencegahnya

Penyebab Diabetes dan Cara Mencegahnya – Diabetes atau penyakit gula adalah salah satu penyakit yang biasa kita dengar serta jumpai kasusnya. Penyebab diabetes umumnya adalah karena faktor keturunan, di mana orangtua dengan diabetes akan sangat mungkin menurunkan penyakit itu kepada anaknya. Namun selain faktor genetis, diabetes juga bisa terjadi pada seseorang yang memiliki pola hidup tidak sehat seperti terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung gula atau orang dengan obesitas. Diabetes sendiri terjadi sebagai akibat dari terganggunya metabolisme dalam tubuh karena distribusi gula yang tak merata. Penderita diabetes tak mampu memproduksi insulin dalam tubuhnya, sehingga diperlukan adanya suntik insulin.

 

Penyebab diabetes dan gejalanya meliputi sering buang air kecil, sering merasa lapar dan haus, sering terjadi infeksi, berat badan turun dengan cepat, mudah lelah, kesemutan di tangan serta kaki, penglihatan menjadi tidak jelas serta kulit terasa kering dan gatal.  Jika sudah merasakan gejala-gejala di atas, ada baiknya jika segera berkonsultasi ke dokter atau mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Diabetes yang tidak segera diobati bisa menjadi komplikasi yang lebih serius, mulai dari kerusakan syaraf, otak, mata, ginjal, hati hingga jantung. Diabetes juga bisa mengakibatkan gangguan pencernaan, infeksi, impotensi hingga luka membusuk.

 

Pencegahan sejak dini dengan menerapkan pola hidup sehat akan lebih bermanfaat daripada menunggu terkena penyakit terlebih dahulu lalu mengobatinya. Olahraga teratur akan menghindarkan dari resiko obesitas yang bisa berujung pada diabetes. Kurangi konsumsi makanan manis serta junk food dan beralih pada makanan-makanan sehat dengan kandungan mineral serta vitamin yang tinggi akan sangat membantu menyehatkan tubuh secara keseluruhan serta terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya diabetes. Meminimalisir resiko diabetes dapat pula dilakukan dengan mengganti gula biasa dengan gula rendah kalori. Tropicana merupakan produk gula rendah kalori yang cocok dikonsumsi bagi para penderita diabetes atau yang ingin terhindar dari resiko penyakit diabetes. Dengan konsumsi gula rendah kalori ini, maka penyebab diabetes yang berasal dari pemakaian gula berlebih dapat ditekan.