Jika Ibu hamil Sering Buang Air Besar

Setiap ibu tentunya ingin menjaga bayi yang dikandungnya terlahir dengan selamat tanpa ada satu cacat sedikitpun. Apalagi bagi ibu yang sedang hamil, sangat rentan akan gangguan-gangguan yang datang, sehingga menjadikan rasa khawatir pada diri ibu hamil ataupun janin yang dikandungnya. Salah satu hal yang juga sering datang menjadi gangguan ibu hamil yaitu sering buang air besar. Lalu apakah berbahaya apabila hal ini terjadi pada ibu yang sedang hamil? Dan bagaimana juga cara mengatasi dan menyikapinya?

Bagi seorang ibu yang sedang hamil akan mengalami banyak perubahan dibandingkan ibu-ibu yang tidak hamil. Perubahan yang meliputi fisik sampai psikologis sering terjadi, seperti bentuk tubuh, pertumbuhan janin, sampai kepada gangguan dirinya yang lebih perasa dan sebagainya. Hal lain mengenai ibu hamil yang sering buang air besar menjadi salah satu gangguan yang sering dialami, apalagi saat usia kandungan sudah tua. Kejadian ini memang akan dialami dalam frekuensi yang cukup sering baik itu ibu yang baru hamil atau sudah beberapa kali. Hal inipun akan sering terjadi ketika usia kehamilan di atas lima bulan.

Ketika seorang ibu hamil sering mengalami buang air besar atau mungkin juga buang air kecil. Maka jika frekuensi buang air besar atau kecilnya masih pada batas normal yaitu dua atau tiga kali sehari atau dalam batas jarangnya 3 kali dalam seminggu, hal itu masih dalam batas normal. Sehingga bagi anda tidak perlu khawatir yang berlebih. Dan ketika anda mengalaminya maka jangan pula menyebabkan anda menjadi mengurangi asupan makanan yang mengandung serat. Karena makanan yang mengandung serat sangat baik untuk kesehatan, apalagi bagi ibu yang sedang hamil. Walaupun dengan  mengkonsumsi makanan berserat dapat membuat buang air besar anda menjadi lancar.

Namun harus diperhatikan pula jika seorang ibu hamil dalam buang air besarnya terlalu sering. Bisa jadi terkena penyakit yang lain, seperti diare sehingga perlu penanganan khusus untuk mengobatinya. Ketika  seorang ibu yang hamil sering mengalami buang air besar dan dalam batas yang normal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana asupan makanan yang mengandung nutrisi yang diperlukan oleh setiap ibu hamil. Karena kebutuhan nutrisi bagi ibu yang sedang hamil akan lebih banyak ketika tidak hamil. Ibu hamil selain membutuhkan nutrisi untuk dirinya sendiri juga memerlukan nutrisi untuk bayinya.

Sumber: http://www.lifebuoy.co.id/healthmap/health-news/sigap-menghadapi-diare-pada-anak