Gejala Infeksi Saluran Pencernaan Maag dan Cara Mencegahnya

Salah satu jenis penyakit yang paling banyak menyerang masyarakat adalah maag, penyakit yang satu ini memang cukup umum, namun ternyata memiliki dampak yang cukup berbahaya jika tidak segera diatasi, gejala infeksi saluran pencernaan yang satu ini mulai dari rasa perih hingga mual karena memang produksi cairan asam lebih banyak, rawan menimpa anak-anak hingga orang dewasa dengan pola makan yang tidak teratur.

Selain dua hal tersebut masih ada cukup banyak lagi gejala infeksi pada saluran pencernaan yaitu maag, namun sama halnya dengan jenis penyakit yang lainnya anda juga bisa mencegahnya, yaitu dengan cara:

  • Terapkan pola makan yang teratur, mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam harus anda lakukan dengan teratur dan dalam porsi yang pas, cara ini terbukti cukup efektif untuk menghindari penyakit yang menyerang lambung tersebut.
  • Hindari konsumsi goreng-gorengan, makanan yang satu ini memiliki kandungan minyak dan lemak cukup tinggi, bagi anda yang memiliki riwayat maag sangat rentan untuk kambuh.
  • Hindari konsumsi kafein, salah satu sifat kafein atau kopi adalah kenyang lebih lama, namun bagaimanapun tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi dalam bentuk yang nyata, sehingga meskipun kenyang dalam konsumsi kafein anda akan menjadi malas untuk makan.

3 cara mudah tersebut bisa anda terapkan dalam mencegah sakit maag, namun jika sudah merasakan gejala infeksi saluran pencernaan tersebut segera lakukan pengobatan yang tepat.

 

Mencegah Gejala Infeksi Saluran Pencernaan pada Anak

Sebagai orang tua, tentu kita pernah mengalami masa dimana si kecil tiba-tiba mengalami gejala infeksi saluran pencernaan yang ditandai dengan mencret, diare atau bahkan muntah secara terus menerus. Bisa jadi hal ini disebabkan sang anak yang kurang memperhatikan kebersihan benda-benda disekitarnya, atau mungkin kita yang kurang memberikan pengawasan sehingga mereka bereksplorasi sendiri terhadap lingkungan dan benda-benda sekitarnya tanpa mendapatkan bimbingan dari kita orang tuanya.

Perlu anda sadari sebagai orang tua, bahwa gejala infeksi pada saluran pencernaan bila segera diatasi dengan tepat, tentu tidak akan menimbulkan sesuatu yang fatal. Namun tentu saja akan lebih baik apabila secara dini kita mulai melakukan berbagai cara pencegahan agar bakteri ataupun kuman jahat tidak sampai mempengaruhi kesehatan organ pencernaan. Beberapa pencegahan yang bisa orang tua lakukan seperti:

  • Membersihkan badan si kecil dengan seksama sambil mengajarkan bagaimana cara tepat untuk membersihkan diri,
  • Mengolah berbagai asupan makanan yang akan dikonsumsi oleh si kecil secara tepat.

Dengan melakukan tindak pencegahan, bukan tidak mungkin kita para orang tua bisa memberikan rasa aman kepada anak untuk beraktivitas dengan segala benda yang ada disekitarnya secara aman. Salah satunya adalah dengan mencontohkan kepada anak tentang bagaimana cara cuci tangan yang benar dengan sabun yang tepat yaitu Lifebuoy. Kandungan active 5 nya terbukti aman dan mampu menghancurkan bakteri yang bisa mengakibatkan gejala infeksi saluran pencernaan pada anak.

 

Musim Hujan Tiba? Waspada Gejala Infeksi Saluran Pencernaan Menyerang!

Ketika musim penghujan tiba, biasanya banyak orang yang lebih mewaspadai berbagai kemungkinan munculnya penyakit flu ataupun pilek daripada gejala infeksi saluran pencernaan. Padahal bila kita bisa melihat sekitar kita, justru pada musim penghujan ini banyak berkembang berbagai bakteri yang bisa mempengaruhi sistem pencernaan kita sehingga menjadi bermasalah. Munculnya diare ataupun muntah-muntah yang tidak diketahui sebabnya, bisa jadi merupakan sebuah akibat dari keberadaan bakteri yang sering hidup dan menyerang organ-organ pencernaan kita ini.

Biasanya pada musim penghujan, kondisi temperatur dan kelembaban di sekitar kita menjadi lebih ramah terhadap perkembangan bakteri penyebab gejala infeksi pada saluran pencernaan seperti misalnya salmonella, campylobacter ataupun e-coli. Bakteri ini sering kali hidup pada media yang sering dikonsumsi oleh manusia sehari-hari seperti daging atau ikan sehingga kita harus:

  • Mengolah setiap bahan makan dengan baik dan benar,
  • Menyimpan bahan makanan secara aman dan steril sehingga tidak ada bakteri berbahaya yang bisa tinggal didalamnya,
  • Mengkonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan bahan makanan tersebut.

Selain menjaga kebersihan bahan makanan tersebut, kita juga harus senantiasa melindungi badan serta seluruh organnya agar tidak mudah membawa bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh. Penggunaan sabun yang tepat, sangat mutlak diperlukan untuk selalu menjaga kebersihan badan. Produk sabun yang paling bisa diandalkan saat ini adalah Lifebuoy yang didalamnya mengandung berbagai formula tepat untuk mengatasi berbagai bakteri penyebab gejala infeksi saluran pencernaan sehingga tidak akan mengganggu kesehatan tubuh.

 

Waspada Gejala Infeksi Saluran Pencernaan Saat Musim Pancaroba

Masa peralihan musim dari penghujan menuju kemarau atau sering disebut pancaroba, ternyata juga berpotensi menimbulkan gejala infeksi saluran pencernaan yang cukup merepotkan. Seperti kita tahu, pada masa-masa seperti ini biasanya akan banyak bermunculan berbagai kuman ataupun bakteri yang bisa mengganggu kualitas kesehatan seseorang. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan suhu maupun tingkat kelembaban udara yang sangat disukai dan menunjang perkembangan berbagai bibit penyakit mulai dari yang ringan hingga yang berbahaya.

Salah satu bakteri yang aktif untuk berkembang pada masa ini adalah bakteri yang menyebabkan gejala infeksi pada saluran pencernaan manusia. Bakteri ini biasanya ada pada makanan atau minuman yang tidak memiliki tingkat hygienitas sesuai dengan standar. Membiasakan diri selalu waspada terhadap berbagai bentuk makanan atau minuman yang kita konsumsi, tentu akan memberikan dampak positif seperti:

  • Meminimalisir resiko masuknya bakteri ataupun kuman berbahaya ke dalam tubuh,
  • Meningkatkan kualitas kesehatan yang kita miliki sehingga tubuh bisa mempunyai sistem imunitas alami yang baik.

Salah satu bentuk kewaspadaan terhadap bakteri yang berkembang di sekitar kita adalah selalu rajin menjaga kebersihan badan terutama tangan. Salah satu produk yang paling tepat untuk menjaga kondisi badan agar senantiasa bersih adalah Lifebuoy yang mengandung berbagai zat aktif untuk mengatasi berbagai kuman ataupun bakteri yang sering bersarang pada kulit. Produk sabun ini juga bisa menghindarkan kita dari resiko mengalami gejala infeksi saluran pencernaan karena kurangnya menjaga kebersihan.