Ragam Metode dan Cara Mencegah Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi

Ragam Metode dan Cara Mencegah Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi – Penyakit jantung dapat digolongkan sebagai penyakit yang tidak mengenal batas usia. Resiko serangan jantung bukan hanya rentan terjadi pada mereka yang telah berusia lanjut saja namun juga ternyata bayi yang masih berada dalam kandungan ibunya pun sudah dapat terserang dan terdeteksi mengalami gangguan jantung. Biasanya serangan atau kelainan jantung pada bayi atau anak ini sebagian besar diakibatkan karena kelainan jantung bawaan yang sudah berkembang ketika bayi tersebut masih berada dalam tahap perkembangan di dalam kandungan ibunya. Maka untuk itu setiap ibu yang sedang hamil direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap kandungannya sebagai langkah antisipatif cara mencegah penyakit jantung pada bayi yang tengah dikandungnya tersebut.

Ragam Metode dan Cara Mencegah Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi

Resiko penyakit atau kelainan jantung bawaan pada bayi dan anak tidak kalah beratnya dengan penyakit jantung yang diderita oleh orang dewasa dimana jika tidak mendapatkan penanganan secara intensif dapat mengakibatkan hal fatal yang berujung kematian. Menurut penelusuran medis, penyakit atau kelainan jantung bawaan pada bayi dilatarbelakangi oleh beberapa faktor meskipun belum ada satu pun faktor utama yang dengan pasti menjadi pemicu utama penyakit atau kelainan pada jantung anak tersebut. Faktor pertama yang melatarbelakangi kelainan jantung pada bayi adalah akibat kelainan genetik pada tiga bulan pertama usia kehamilan dimana gangguan utama yang sering menjadi biang permasalahannya adalah akibat down syndrome dan terdapatnya infeksi campak Jerman atau Rubella. Sedangkan faktor kedua yang melatarbelakangi kelainan jantung pada bayi tersebut dimana hal ini juga masih belum diketahui secara pastinya adalah karena faktor lingkungan yaitu akibat kebiasaan merokok sang ibu dan juga pengkonsumsian obat-obat tertentu tanpa sepengetahuan dokter yang berkompeten.

Baca juga : 5 JALAN TERABAIK DIET CEPAT DENGAN NUTRISI TEPAT

Cara mencegah penyakit jantung bawaan pada bayi dan anak selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan cara sebagai berikut :

Pertama bagi ibu yang tengah hamil sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan terhadap janin yang dikandungnya sehingga jika memang terdeteksi adanya kelainan jantung pada bayi yang masih dikandungnya tersebut dapat dilakukan upaya penanganan secara lebih dini. Pemeriksaan yang dapat dilakukan para ibu untuk mengontrol bilamana ada kelainan jantung pada bayi yang tengah dikandungnya tersebut adalah dengan pemeriksaan antenatal.

Kedua kenali faktor resiko yang dimiliki oleh setiap ibu hamil. Ibu hamil yang terdeteksi memiliki kandungan gula darah tinggi maka sebaiknya untuk selalu melakukan pengontrolan terhadap jumlah gula darahnya dan sebisa mungkin gula darahnya harus dapat berada pada level yang normal dan stabil selama masa kehamilan tersebut berlangsung.

Ketiga melakukan pencegahan resiko terhadap infeksi untuk ibu hamil, menghindari asap rokok maupun asap kendaraan bermotor yang berbahaya untuk ibu hamil, dan juga