Beda Sabun Mandi Cair dan Batangan, Tidak Terlalu Drastis

Mandi tentunya tidak lengkap tanpa menggunakan sabun. Baik sabun mandi cair atau yang batangan, semuanya mempunyai fungsinya sendiri untuk membersihkan badan dari kuman dan membuat kulit jadi lebih wangi. Banyak orang yang memilih untuk menggunakan sabun berbentuk batangan, tapi sekarang ini juga semakin banyak orang yang memilih sabun cair. Terlepas dari bentuknya, apakah keduanya punya perbedaan yang drastis?

Inilah beberapa perbedaan antara sabun mandi jenis cair dengan soap bar:

  1. Kandungan Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat keduanya cukup berbeda.
  • Untuk sabun batangan, biasanya sabun ini terbuat dari campuran lemak hewani atau nabati, dan zat alkali yang biasanya berbentuk sodium hidroksida.
  • Sabun cair mempunyai kandungan air, zat yang disebut betaine, dan juga bahan yang memberikan foam seperti sodium laureth sulfate atau SLS.
  1. Jenis kulit
  • Bagi Anda yang punya kulit yang berminyak, mudah keringatan, dan aktif dengan segala macam aktivitas, sabun batangan adalah pilihan yang tepat untuk menghilangkan minyak dan juga kotoran di kulit.
  • Untuk Anda yang punya kulit sensitif dan juga kering, kandungan air di dalam sabun cair jelas lebih baik, apalagi sabun seperti ini biasanya ditambah dengan kandungan vitamin seperti vitamin C dan E.
  1. Harga

Untuk soal harga, bisa dibilang sabun batangan lebih murah daripada yang cair, terutama karena proses pembuatannya yang membuat sabun cair lebih mahal.

Perbedaan tersebut di atas tidak menghapus kenyataan bahwa pada dasarnya kedua jenis sabun ini fungsinya sama. Tergantung merk yang Anda pilih, seperti Lifebuoy misalnya, sabun cair bisa lebih bagus dari sabun batang, dan begitu juga sebaliknya. Hanya saja sabun cair memberikan fleksibilitas lebih karena mudah dibawa-bawa, cocok buat Anda yang suka traveling.

Seperti yang telah disebutkan di atas, pemilihan sabun, baik sabun mandi cair atau batang, tergantung dari jenis kulit dan juga siapa saja yang memakai sabun. Setidaknya dengan sabun cair, Anda tidak harus berbagi sabun dengan orang lain, apalagi jika ada di tempat kos. Cobalah beberapa sabun, dan lihat hasilnya pada kulit Anda.

Untuk anda yang Penasaran Apa Saja yang Ada dalam Sabun Mandi Cair ? Ini Komposisinya!

Sabun mandi cair banyak disukai orang terutama ketika bepergian. Praktis dan juga mudah untuk dibawa-bawa, sabun cair ini merupakan produk yang juga cukup hemat, lantaran sedikit saja dosis dari sabun sudah cukup untuk membersihkan seluruh badan. Namun tidak semua merk sabun mempunyai kegunaan dan juga manfaat yang sama. Satu merk bisa lebih berguna daripada yang lainnya, tergantung kandungannya.

Apa saja kandungan yang harus ada dalam sabun mandi jenis cair ini untuk bisa dikualifikasikan sebagai sabun yang berkualitas? Inilah beberapa di antaranya:

  1. Air
    Kandungan utama dari sabun cair adalah air, yang membuatnya mampu berbentuk cair. Biasanya ditulis dengan sebutan aqua atau eau.
  1. Triclosan
    Triclosan mempunyai fungsi mencegah terjadinya penyebaran infeksi akibat bakteri. Meski demikian, penelitian akhir-akhir ini menunjukkan Triclosan punya efek samping yang membuat bakteri justru imun terhadap antibiotik.
  1. Deterjen
    Deterjen yang digunakan berbeda dengan yang dipakai untuk pakaian. Biasanya yang dipakai adalah sodium laureth sulfate dan ammonium lauryl sulfate. Keduanya menghilangkan minyak dan kotoran dari kulit.
  1. Minyak
    Minyak yang ada dalam sabun cair komersil biasanya cocamide MEA dan gliserin. Sementara untuk produk sabun yang alami menggunakan minyak zaitun atau melati.
  1. Pewangi dan pewarna
    Pewangi berasal dari minyak yang digunakan. Namun sabun sintetis biasanya menambahkan pewarna dan juga pewangi bernomor 5 (kuning) atau 4 (merah).

Apakah bahan-bahan tersebut aman? Hal in sangat tergantung dari merk sabun sendiri. Jika Anda memilih sabun yang sudah dikenal banyak orang dan telah ada sejak lama, seperti Lifebuoy, maka Anda setidaknya bisa yakin bahwa produk ini aman untuk Anda. Tentang kandungan lainnya, Anda harus rajin membaca apa saja komposisinya di balik kemasan sabun cair.

Sabun mandi cair terkenal dengan aromanya yang wangi dan juga praktis untuk dibawa-bawa. Selain itu, di samping komposisi di atas, sabun cair biasanya mempunyai tambahan nutrisi dan vitamin seperti Vitamin E dan C yang berguna untuk kulit. Jadi, jika Anda punya kulit yang cenderung sensitif dan kering, sabun cair adalah pilihan yang paling baik dibandingkan sabun batangan.

Sumber Artikel dari: http://www.lifebuoy.co.id/healthmap/health-news/mengenal-jenis-jenis-sabun-mandi pada 24/07/2015