Karbohidrat yang Cocok Untuk Cara Diet Sehat

Makanan yang kita konsumsi harusnya tepat bila ingin tetap langsing dan berotot. Sekadar mengurangi nasi saja tidak cukup karena kadang kita harus menggantinya dengan jenis karbohidrat lain yang lebih baik. Lalu, jenis karbohidrat apa saja yang cocok untuk laki-laki dewasa yang sedang melakukan cara diet sehat? Ikuti petunjuknya di bawah ini.

Beras Merah

beras merah

Kandungan vitamin B dalam beras merah begitu lengkap sehingga baik untuk kesehatan anak maupun dewasa. Tingkat kalorinya juga lebih rendah dibandingkan beras putih sehingga cocok untuk Anda yang sedang diet. Rasanya hampir seperti beras tapi tidak terlalu manis sehingga mudah bagi lidah orang Indonesia untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Outmeal

oatmeals
Sudah sejak lama teknik diet sehat menerapkan outmeal sebagai pengganti karbohidrat. Mengapa? Karbohidrat jenis ini memiliki nilai serat yang tinggi dibandingkan lainnya. Outmeal mulai dikonsumsi masyarakat dunia karena dinilai lebih sehat dan mengandung zat gizi kompleks. Jika Anda mau, cobalah untuk mengonsumsi outmeal dan jenis karbohidrat lain yang juga baik untuk kesehatan.

Ubi Jalar

ubi jalar
Jenis karbohidrat yang satu ini tidak asing lagi di lidah orang Indonesia. Coba ingat kembali ketika Anda mengonsumsi ubi jalar, pasti akan terasa serat di dalamnya. Nah, karbohidrat jenis ini memang lebih baik dibandingkan nasi karena seratnya tinggi. Di Indonesia ada banyak jenis ubi jalar yang rasanya lezat dan harganya murah. Jadi bisa dibuat pengganti nasi asalnya cara memasaknya tidak digoreng.

Kurma

kurma

Kandungan gula dalam kurma berbeda dengan karbohidrat pada umumnya. Ternyata selain mengandung gula, kurma juga punya banyak vitamin dan mineral sehingga cocok untuk cara diet sehat. Harga kurma di Indonesia sendiri juga tidak begitu mahal sehingga Anda bisa membelinya untuk menggantikan karbohidrat yang selama ini dikonsumsi. Di dalam kurma juga ada cukup serat yang diperlukan tubuh.

Selain mengganti karbohidrat yang tinggi kalori, Anda seyogyanya juga mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur. Kedua jenis makanan ini akan membantu melancarkan buang air besar dan membakar lemak.

Konsumsi juga Makanan Hewani untuk Menurunkan Kolesterol Anda

Ada persepsi yang keliru di masyarakat mengenai diet, yaitu tidak boleh mengonsumsi makanan hewani dan berkarbohidrat. Tapi, mereka justru sering mengonsumsi roti manis seperti brownis atau cake. Apakah ini benar-benar merupakan cara diet yang benar? Tentu saja tidak! Diet sehat bukan tidak mengonsumsi makanan hewani karena ternyata ada makanan hewani yang justru dapat menurunkan kolesterol. Agar lebih jelas, lihatlah jenis makanan yang menurunkan lemak Anda di bawah ini.

Ikan Salmon

Ikan ini mengandung omega-3 yang tinggi. Jenis lemak yang satu ini sangat baik untuk kesehatan dan dapat melawan lemak jenuh di dalam tubuh. Jadi, jangan asal membuang makanan hewani karena kita butuh protein dan lemak baik dari jenis makanan tersebut.

Kacang Tanah dan Almond

Tahukah Anda bahwa kacang mengandung banyak lemak tak jenuh yang di dalam pembuluh darah akan menurunkan LDL atau lemak jahat agar tidak menempel di dinding pembuluh. Lemak tak jenuh ini tidak menyebabkan gemuk. Lagipula, kalori dalam kacang-kacangan juga cukup rendah sehingga bisa dijadikan camilan untuk diet yang aman.

Buah Jeruk

Lemak akan luntur bila bertemu dengan vitamin C. Oleh karenanya, Anda diharapkan dapat mengonsumsi vitamin ini dalam jumlah yang cukup. Buah jeruk cukup lezat untuk dinikmati, asalkan tidak dibuat minuman bergula. Selain buah jeruk, vitamin C juga terdapat di dalam buah-buahan dengan rasa asam dan cabai.

Kacang Panjang

Serat dalam kacang panjang begitu banyak sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak di usus. Nah, jenis sayuran seperti ini cocok sekali untuk cara diet sehat. Kacang panjang dapat dijadikan sayur, pecel, atau lalapan. Ada juga sayuran lain yang tinggi serat dan baik untuk diet seperti bayam, sawi, dan daun kacang panjang (lembayung).

Teh Hijau

Banyak masyarakat yang mengetahui kalau teh hijau ini baik sekali untuk diet, tapi sayang rasanya pahit. Tenang saja, sekarang sudah banyak teh hijau yang dicampur melati sehingga tidak lagi berasa pahit.

Selain semua jenis makanan di atas, ada produk khusus diet yang aman dan praktis, L-Men. Kalau Anda tidak punya waktu untuk memilih makanan sehat, gunakan saja L-Men sebagai terapi diet sehat.

ilustrasi-pola-makanan-dari-lmen
Untuk membantu pembakaran lemak dalam tubuh, konsumsi juga L-Men Water ketika berolahraga.