Apa Fungsi Ilmu Keluarga dan Konsumen di IPB?

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen IPB merupakan satu-satunya departemen di Indonesia yang mengembangkan ilmu keluarga dan konsumen. Jurusan di bawah Fakultas Ekologi Manusia ini memang bukan jurusan populer dan bahkan banyak orang yang tidak mengetahui keberadaannya. Namun sebenarnya ini merupakan jurusan dan ilmu yang sangat penting untuk dipelajari demi kemajuan suatu bangsa. Mengapa bisa demikian?

Keluarga merupakan tempat pertama perkembangan anak atau manusia yang nantinya akan memberikan kontribusi di berbagai bidang dan sektor kehidupan. Maka dari itu, sangat penting untuk menyiapkan manusia-manusia menjadi sumberdaya yang berkualitas dimulai dari keluarga. Lantas mengapa ada jurusan ini di IPB? Kaitan keluarga dan pertanian adalah karena sebagian rakyat Indonesia masih bergerak di bidang pertanian dan industri pertanian. Dari mana asal dari para ahli dan pekerja di bidang pertanian? Tentu saja dari sebuah keluarga. “Pertanian” yang dimaksud di sini adalah termasuk Perikanan dan Kelautan, Peternakan, dan Kehutanan. Jadi initinya, keluarga adalah cikal bakal kemajuan di berbagai sektor.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang ilmu keluarga, perkembangan dan peningkatan kualitas anak (SDM), konsumen, dan ekonomi keluarga. Kamu juga harus mampu mencari dan menentukan pemecahan masalah kesejahteraan keluarga. Nantinya, kamu bisa bekerja di bidang jasa konsultasi keluarga dan tumbuh kembang anak, spesialis riset pemasaran dan konsumen, ataupun bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat dalam program bidang pemberdayaan keluarga dan konsumen.