Chamomile Sebagai Obat

Chamomile adalah salah satu bunga yang dapat dikonsumsi, salah satunya adalah menyuguhkannya menjadi chamomile tea yang memberi manfaat kesehatan pada tubuh. Warga Amerika mengenal teh ini sebagai obat sakit perut dan membantu gangguan tidur. Ada dua jenis chamomile yang bagus untuk kesehatan yaitu chamomile Jerman (Matricaria retutica) dan chamomile Inggris (Chamaemelum nobile). Yang paling banyak digunakan dan dipelajari adalah jenis chamomile Jerman. Organisasi pemerintahan Jerman telah menyetujui penggunaannya pada kulit untuk mengurangi pembengkakan dan melawan bakteri.

Chamomile

Chamomile Tea

Sedangkan chamomile tea disetujui sebagai suplemen diet dan menyembuhkan kram perut. Namun sebagaimana bahan lainnya, apabila dapat mempengaruhi tubuh, terdapat dua kemungkinan atau memiliki dua sisi yang berlawanan. Ada kelebihan dan ada kekurangannya. Apakah chamomile benar aman untuk dikonsumsi? Serbuk sarinya chamomile dapat menyebabkan reaksi alergi, jika Anda alergi terhadap serbuk sarinya, mungkin Anda tidak dapat mengonsumsi chamomile sama sekali.

Chamomile dapat mengganggu zat pengencer darah (anticoagulants). Badan POM Amerika atau The U.S Food and Drug Administration (FDA) belum mengatur tentang suplemen diet sebagaimana mereka mengatur obat-obatan. Suplemen diet bisa dijual bebas tanpa penelitian bagaimana kerja suplemen tersebut. Badan POM di Indonesia juga lemah pengawasannya pada obat diet yang bebas beredar. elalu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda jika Anda mau mengkombinasikan chamomile sebagai suplemen diet dengan obat-obat konvensional yang telah Anda miliki.