Mendukung Tumbuh Kembang Anak Sehat

Anak Sehat

Predikat anak sehat tidak serta merta dimiliki oleh setiap anak. Anak yang sehat berawal dari orang tua yang paham mengenai tumbuh kembang anak dengan baik, sehingga mereka dapat memberikan segala hal yang terbaik bagi anak, mulai dari asupan makanan, minuman, dll. Banyak yang beranggapan bahwa anak yang sehat adalah anak yang gemuk. Tidak selamanya anggapan tersebut benar. Lebih tepatnya adalah anak yang tumbuh secara ideal secara fisik, dan berkembang dengan baik dari psikologisnya.

Untuk ayah dan ibu yang memiliki balita, sebaiknya mengerti bagaimana ciri balita sehat. Hal ini agar setidaknya orang tua tahu, apakah ada gejala tidak sehat pada sang anak. Berikut ini adalah ciri dari balita yang sehat:

  1. Antusias dalam bermain

Balita yang sehat akan aktif bergerak, suka bermain, dan lebih lincah.

  1. Makannya lahap

Hal ini menandakan bahwa nafsu makan mereka normal.

  1. Tidur nyenyak dalam jangka waktu yang cukup

Untuk balita, mereka membutuhkan tidur normal 10 jam agar otak mereka dapat berkembang dengan baik.

Asupan gizi yang cukup juga akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Asupan gizi yang cukup akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak lebih optimal. Apalagi jika anak masih berusia di bawah 5 tahun, maka sebaiknya orang tua memperhatikan dengan seksama segala hal yang berkaitan dengan anak. Sebab dalam usia ini perkembangan anak sedang mencapai masa emasnya. Jadi, selain menjadikan anak sehat, ada baiknya juga mendukung anak agar tumbuh cerdas.