Terinfeksi Bakteri Tipes

Bakteri Gejala Tipes

Bakteri Gejala Tipes

Gejala tipes akan muncul jika kita telah melewati beberapa waktu inkubasi bakteri Salmonella Typhi. Organisme ini akan bertahan melewati perut kita, kemudian pindah ke usus kecil dan menyerang melalui dinding usus kecil. Kemudian bakteri ini berkembang biak dalam kelenjar getah bening sekitar usus atau bahkan dalam beberapa sel dalam kelenjar getah bening. Setelah berjumlah cukup banyak lalu mereka menyerang aliran darah serta berbagai organ dalam tubuh. Nah pada tahap inilah Anda mulai merasakan gejala-gejala yang disebut dengan tipes.

Masa inkubasinya sendiri, dari mulai terinfeksi hingga merasakan gejala demam, adalah sekitar satu hingga tiga minggu, meski ada beberapa kasus yang menginkubasi penderita selama 60 hari lamanya. Gejala yang dirasakan terbilang bervariasi, meski ada beberapa gejala umum seperti demam, sakit kepala, mual, nyeri perut dan nyeri otot, yang selalu ada pada kasus tipes. Sekitar 20 hingga 30 persen penderita tipes juga mengalami ruam di perut yang bentuknya bintik-bintik berwarna merah mawar pada kulit, sedangkan 70 hingga 80 persen penderita tipes tidak mengalami hal tersebut.

Gejala tipes lainnya yang biasanya variatif adalah diare atau sembelit. Gejala penyakit ini yang berupa diare lebih sering terjadi pada anak-anak. Sedangkan pada orang dewasa justru biasanya sembelit. Tanda lain seperti pembesaran limpa dan batuk kering juga bisa mengacu pada penyakit yang satu ini. Jika tidak diobati, maka sekitar 12 hingga 20 persen penderitanya akan meninggal, namun dengan antibiotik yang tepat, angka kematian menjadi kurang dari satu persen. Dalam kasus yang tidak diobati, biasanya infeksi akan berlangsung dua hingga empat minggu. Sehingga sebaiknya kita segera memeriksakan diri ke dokter jika penyakit yang kita derita sama dengan gejala awal penyakit tipes.

http://www.lifebuoy.co.id/healthmap/health-news/kenali-gejala-tifus-sekarang-juga