Tepung: Sederhana Namun Berasa

Tepung

Tepung

Tepung adalah salah satu bahan sederhana yang dapat kita temukan dalam masakan. Namun jika diolah dengan bahan makanan tertentu rasa lezatnya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Contohnya saja pisang goreng. Ada sebuah rasa yang berbeda jika kita menikmati pisang dengan cara biasa dibandingkan dengan pisang yang diolah terlebih dahulu kemudian digoreng. Diolahnya pisang sebelum disantap memberikan nilai lebih terhadap rasa, padahal kita sadari bersama bahan dasarnya tetap sama.

Tepung sendiri berasal dari berbagai macam bahan dasar ada yang dari jagung, ada yang dari gandum, beras, dan seterusnya. Masing-masing memiliki fungsi dan rasa yang berbeda. Tapi kehadirannya tetap memberikan cita rasa tersendiri dalam setiap masakan. Selain pisang, gorengan lain pun digoreng menggunakan adonan dan bahan yang sederhana.

Memang terkadang kenikmatan tidak selalu dapat disajikan dengan kemewahan. Harga yang mahal, suasana menyantap yang prestius adalah pengkondisian. Tapi pada ujungnya adalah cita rasa yang menempel di lidah dan berkesan. Ada kalanya jajanan kaki lima di pinggir jalan kadang lebih dirindukan dibandingkan makanan yang mahal harganya. Ya, makanan memang masalah selera. Tapi kadang makanan yang menggunakan bahan-bahan yang sederhana kemudian diolah dengan cara yang sederhana dapat meninggalkan kesan yang luar biasa. Selain tentu saja dapat mengenyangkan. Karena itu jangan terkesima dulu oleh mewahnya suatu lokasi atau mahalnya suatu menu, kelezatan sebuah sajian bisa juga kita dapatkan ditempat-tempat yang tidak kita duga sebelumnya.