Manfaat Sinar Matahari

sinar uv

 

Banyak sekali manfaat dari sinar matahari atau disebut juga dengan sinar uv dalam kehidupan terutama bagi manusia. Oleh karena itu matahari bisa disebut sebagai salah satu sumber daya terbesar yang membantu kehidupan di dunia ini. Bayangkan saja jika tidak ada sinar matahari setiap hari pastinya makhluk hidup terutama manusia akan merasa tidak nyaman. Sekalipun ada yang beranggapan jika sinar matahari memiliki dampak yang kurang baik untuk kulit karena dapat membuat warna kulit menghitam.

Salah satu kegunaan sinar matahari yang dimanfaatkan manusia adalah untuk menjemur. Banyak kegiatan yang dilakukan manusia yang mengharuskan mereka melakukan penjemuan pada barang tersebut. Misalnya menjemur pakaian yang basah setelah dicuci, pengering alami bahan makanan seperti kerupuk yang sudah dicetak. Untuk manusia yang sering melakukan kedua kegiatan di atas pastinya akan merasa kehilangan jika tidak ada sinar matahari di kehidupan ini.

Selain manusia makhluk hidup seperti tumbuh-tumbuhan juga sangat memerlukan sinar matahari terutama pada proses fotosintesis. Proses ini merupakan di mana tumbuhan sedang membuat makanan yang terjadi di bagian daun dan sinar matahari merupakan salah satu faktor terbesar yang membantu prosesnya. Begitu juga bagi hewan, mereka juga membutuhkan sinar matahari di antaranya adalah untuk menghangatkan tubuh terutama untuk hewan yang hidup liar.

Begitu besarnya manfaat dari sinar matahari atau disebut juga sinar uv ini sampai ada kaum yang menganggap jika matahari merupakan Tuhan mereka. Untuk hal itu pastinya setiap manusia memiliki keyakinan masing-masing sehingga tidak perlu dipermasalahkan selama tidak saling merugikan. Yang terpenting kita sebagai makhluk hidup harus selalu bisa menjaga sumber daya alam yang ada di dunia ini termasuk matahari agar manfaatnya selalu bisa kita rasakan.