Inilah Proses Daun Teh hingga menjadi Minuman

proses daun teh

proses daun teh

Daun teh yang sampai di minuman kita, berasal dari proses yang panjang dan bisa jadi berasal dari perkebunan yang berbeda, bukan hanya berbeda daerah, tapi bisa juga berbeda negara. Tanpa kelembaban yang tepat serta pengaturan suhu yang tepat selama proses pembuatan maka jamur akan tumbuh pada teh. Jamur ini mencemari teh sehingga tidak layak konsumsi. Jadi, diperlukan pengolahan yang cermat dan tepat agar hal tersebut tidak terjadi.

Proses pertama adalah memetiknya, memilih daunnya pun harus hati-hati. Daun muda dan tunas utama merupakan satu kesatuan yang harus kita ambil. Daun ini akan layu setelah dipetik. Biasanya daun ini akan dijemur untuk menarik kelembaban keluar dari daun. Proses selanjutnya adalah menghancurkan daun tersebut dengan merobek, meremas maupun mengguling-gulingkannya. Langkah ini biasanya dilakukan dengan mesin. Setelah itu, melakukan oksidasi atau fermentasi dengan tujuan pembentukan rasa dan aroma senyawa teh. Serta dua langkah terakhir adalah pengeringan daun dan penuaan. Pada pengeringan merupakan langkah untuk menyelesaikan teh agar layak dijual. Sedangkan penuaan sebenarnya tidak semuanya memerlukan proses ini. Proses penuaan bisa semakin melembutkan bubuk teh.

Dengan mengetahui proses pengolahan daun teh yang begitu panjang ini tidak heran jika minuman ini adalah minuman yang menghasilkan rasa, aroma dan khasiat yang luar biasa bagi kita. Proses ini juga semakin membuat saya semakin tertarik untuk lebih menikmati dan menghargai setiap seduhan teh yang saya buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *