Cara Menurunkan Berat Badan Secara Aman

Memiliki berat badan ideal adalah dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Dengan berat badan yang ideal akan menambah kepercayaan diri seseorang. Namun, sebagian orang masih merasa kesulitan untuk menurunkan berat badannya. Sebagian besar orang gagal menurunkan berat badan disebabkan oleh banyak faktor, seperti pola makan yang salah, disiplin, hingga pengetahuan yang salah tentang diet. Kali ini akan membahas bagaimana cara menurunkan berat badan secara alami yang dilengkapi kebiasaan dan mindset yang harus diterapkan hingga tercapainya berat badan ideal yang diharapkan. Sebelum memutuskan untuk menurunkan berat badan, ada baiknya agar menyusun terlebih dahulu target berat badan yang anda inginkan. Lalu lakukan diet menurunkan berat secara bertahap. Untuk mengetahui berat badan ideal dapat dihitung dengan rumus Brocca adalah: Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan – 100) – 10%. Berikut ini adalah cara menurunkan berat badan secara aman.

Berolahraga Secara Rutin

Olahraga adalah hal yang gampang-gampang sulit dijalankan, apalagi secara rutin. Padatnya waktu yang digunakan untuk aktivitas membuat sebagian orang merasa enggan untuk berolahraga. Cara menurunkan berat badan dengan berolahraga adalah keharusan bagi mereka yang mereka yang bosan dengan obesitas mereka. Olahraga yang paling cocok untuk menurunkan berat badan, antara lain: berlari (cardio) dan aerobic. Kedua jenis olahraga tersebut akan memacu pembakaran lemak.

Kurangi Garam

Ahli kesehatan juga menganjurkan penderita obesitas untuk mengurangi kadar garam harian sebanyak 2,5 gram dari kadar garam normal yang dikonsumsi setiap hari.  Jumlah garam yang dibatasi akan mengurangi volume air dalam tubuh.

Tambah Intesitas Olahraga

Setelah membiasakan diri untuk berolahraga, langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah menambah intensitas waktu olahraga anda. Jika sebelumnya, anda berlari 15 menit setiap hari, maka bisa ditambah menjadi 25 menit, dst, secara bertahap.

Hindari Obat Diet Kilat

Banyak sekali tersedia obat-obatan diet yang dijual bebas dipasaran. Tak sedikit yang menjanjikan hasil diet  kilat yang bisa didapat dalam tempo waktu yang singkat. Menurut para ahli kesehatan, cara menurunkan berat badan secara dadakan, selain tidak permanen, juga dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Batasi Nafsu Makan Anda 

Kebanyakan orang yang tidak bisa mengontrol berat badannya adalah mereka yang tidak kuat godaan terhadap makanan dan cemilan. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah terlebih dahulu membatasi nafsu makan anda terhadap makanan-makanan tambahan diluar jam makan normal anda.

Hindari Gula dan Minuman Soda 

Minuman yang mengandung karbonat adalah salah satu pantangan yang harus dihindari bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Di dalam minuman berkarbonat mengandung kalori dan gula yang cukup tinggi yang dapat memicu berat badan bertambah.

Hindari Junk Food

Junk food atau makanan siap saji juga perlu dijauhi atau dibatasi bagi mereka yang memiliki kelebihan berat. Dalam satu porsi junk food mengandung kalori yang sangat tinggi sekali yang justru dapat membuat berat badan semakin melar. Selain itu, beberapa jenis junk food juga mengandung lemak yang tinggi yang berbahaya untuk tubuh.

Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan

buah

Mengkonsumsi buah adalah salah satu tips yang banyak dianjurkan kepada penderita obesitas, seperti melon, apel, semangka, dsb. Fungsi buah-buahan dapat membantu mereka menekan nafsu makan sekaligus mengenyangkan perut.

Kurangi Porsi Makan

Mengurangi porsi makan adalah cara menurunkan berat badan secara aman dan bertahap. Jika selama ini anda selalu makan nasi dengan sepiring penuh untuk sekali sarapan, maka bisa mulai dikurangi sepertiganya hingga setengahnya. Hal ini dilakukan untuk membatasi jumlah kalori masuk.

Konsumsi Air Putih Lebih Awal 

Pengertian konsumsi air putih lebih awal adalah minum air putih beberapa menit sebelum memulai sarapan anda. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa lapar anda.

Konsumsi Beras Merah

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang lebih baik dari beras putih, serat tinggi, serta waktu cerna yang lebih lama dibandingkan beras putih sehingga membutuhkan kalori lebih banyak untuk mencernanya. Beras merah juga akan membuat kita merasa lebih kenyang lebih lama dibandingkan beras putih.

Hindari Makanan Gorengan

Makanan-makanan yang digoreng juga perlu dihindari oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. Makanan gorengan banyak mengandung minyak jenuh yang berpotensi menambah lemak tubuh dan membahayakan jantung.

Cukupi Kebutuhan Tidur 

Kebutuhan akan tidur merupakan hal penting untuk menjaga kestabilan metabolisme dan hormon tubuh. Kurangnya waktu tidur dapat membuat diet apa pun yang anda jalankan menjadi sia-sia.

Hitung Jumlah Kalori Anda

Untuk mengurangi berat badan 3 kg dalam seminggu memerlukan pembakaran kalori sebesar 21.000 lebih banyak dari penggunaan kalori biasanya. Dengan demikian, diperlukan usaha pembakaran sebesar 3.000 kalori setiap harinya. Hal ini dapat diupayakan dengan membatasi kalori masuk setiap harinya. Sedangkan untuk membakar kelebihan 3.000 kalori tadi cukup melakukan olahraga kardio (lari) selama 2 hingga 3 jam setiap hari diatas mesin kardio/treadmill.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *