Konsumsi Roti Gandum Untuk Menu Diet

Menjalankan program diet memang terkadang cukup melelahkan juga, apalagi bila program diet yang kita jalankan tidak menunjukkan hasil yang berarti. Banyak orang yang menjalankan program diet , namun karena merasa lelah, atau bingung harus melakukan diet yang bagaimana lagi disebabkan penurunan berat badan yang harapkan tidak berjalan/ mandeg. Pada kondisi seperti ini, anda sebagai pelaku diet berada dalam fase plateu. Pada fase ini penurunan berat badan anda mendatar. Fase ini muncul sebagai akibat dari melakukan diet ketat dengan cara melakukan pengurangan konsumsi akan karbohidrat.

roti

Padahal sebagai akibat dari mengurangi asupan karbohidrat, kita sama saja mengurangi 3 gram air yang terdapat dalam setiap 2 gram glikogen yang hilang. Menjalankan diet bukan berarti membatasi kebutuhan tubuh akan karbohidrat. Untuk itu, anda sebagai pelaku diet, tetap bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan karbohidrat tanpa mengganggu program diet yang sedang dijalankan, cara diet sehat yang bisa ditempuh yaitu dengan mengkonsumsi makanan dimana didalamnya terkandung karbohidrat kompleks. Salah satu jenis makanan yg mengandung karbohidrat jenis ini adalah roti gandum. Dibawah ini adalah beberapa alasan memilih roti gandum untuk dijadikan sebagai salah satu menu makanan dalam diet yang anda jalankan :

  1. Roti gandum tidak mudah diserap oleh usus, sehingga akan menguntungkan program diet anda.
  2. Roti gandum mengandung banyak serat, Sehingga proses penyerapan oleh usus  tidak semudah seperti halnya roti putih, nasi, atau gula.
  3. Mengkonsumsi roti gandum dapat membantu tubuh mengontrol gula darah serta membantu meningkatkan sistem metabolisma tubuh.
  4. Roti gandum mengandung kadar gula yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh. Dan dipercaya dapat menekan keinginan untuk ngemil
  5. Jumlah kalori dalam roti gandum tergolong kecil, sehingga tidak akan mengganggu program diet.
  6. Menjadikan roti gandum sebagai menu diet anda tidak akan menyebabkan efek buruk bagi tubuh.

Tapi perlu anda ketahui juga, dengan menjadikan roti gandum sebagai menu diet, bukan berarti tubuh anda tidak memerlukan nutrisi lainnya sepertiu vitamin, protein, dan mineral. Untuk itu, agar kebutuhan tubuh akan nutrisi tersebut terpenuhi, anda bisa memadukan roti gandum dengan roti putih yang ditambahkan selai kacang atau buah-buahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *