Bakteri Pada Makanan

Bakteri Penyebab Diare

Bakteri Penyebab Diare

Penyebab diare salah satunya adalah bakteri pada makanan. Seperti kita ketahui, bahwa bakteri baik merupakan bagian dari kehidupan kita dan hidup berdampingan dalam tubuh manusia dengan damai. Meski begitu, beberapa bakteri dapat menghadirkan masalah pada kesehatan tubuh kita. Makhluk mikroskopis yang satu ini dapat merusak kesehatan ini dapat kita temukan pada daging mentah, telur, kerang dan susu yang tidak melalui proses pasteurisasi.

 

Kebanyakan kasus diare dari makanan yang tercemar bakteri biasanya datang dari makanan yang tidak didinginkan dengan cukup baik atau sudah kadaluarsa maupun rusak kandungannya ketika dimakan. Makanan yang didinginkan tidak dengan baik, akan membuat bakteri berkembang biak di dalamnya sehingga mencemarkan diare. Sedangkan makanan yang telah kadaluarsa biasanya berisi bakteri-bakteri pengurai yang mulai berdatangan untuk membusukkan makananan. Untuk mengurangi terkena diare dari makanan yang kita konsumsi, maka kita harus membiasakan diri untuk memasak daging, unggas, dan telur secara matang menyeluruh dan matang sempurna. Hal tersebut dapat membunuh bakteri yang kemungkinan mendiami makanan kita. Biasakan juga untuk mencuci tangan, peralatan makan, maupun permukaan area dapur. Jika bisa gunakan sabun-sabun anti bakteri. Dan terakhir adalah segera mendinginkan makanan pada suhu yang ideal, dan tidak meninggalkan makanan pada suhu kamar terlalu lama, karena bakteri dapat hidup pada suhu kamar dan mati pada suhu yang dingin.

Untuk menghindari penyebab diare ketika makan di luar, seperti restoran, maka usahakan untuk mencari tempat makan yang higienis. Caranya bisa dengan mencari berbagai sumber di internet, maupun beberapa referensi di media sosial jika ada teman yang sedang posting sesuatu. Rekomendasi ini menunjukkan tingkat kebersihan dan keamanan pangan dari tempat makan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *